Senin, 09 Januari 2017

Cara Membuat Nasi Goreng Enak di Rumah Sendiri


Cara Membuat Nasi Goreng Enak - Nasi goreng merupakan salah satu makanan yang menduduki ranking atas dari daftar makanan favorit orang Indonesia. Selain karena merakyat, karakter makanan yang disukai orang Indonesia juga cenderung dari hasil gorengan.

Secara level dan jenis pun berbeda-beda, ada nasi goreng khas pinggir jalan, ada juga nasi goreng khas hotel berbintang. Meski level dan harganya terlampau berbeda, namun secara bahan utama dan cara pembuatan tetap sama, yakni nasi yang di goreng.

Selain merakyat di lidah orang Indonesia, nasi goreng juga masuk dalam daftar makanan yang sering disajikan di rumah sendiri. Biasanya para bunda yang lebih tahu kapan dan bagaimana menyajikan nasi goreng lezat di rumah, alias tanpa harus beli di luar.

Namun sayangnya, meski nasi goreng namanya sudah menjagad, ternyata masih banyak para bunda yang belum bisa atau belum ahli membuat nasi goreng. Jika dilihat secara kasat mata memang terlihat mudah, tapi jika dipraktikkan baru akan terasa sulitnya.

Nah, karenanya kali ini kita akan membahas tentang cara membuat nasi goreng enak di rumah sendiri. SIapkan kertas dan segerak praktikkan ya, agar para bunda di rumah bisa langsung merasakan hasil tangannya sendiri.

Bahan Cara Membuat Nasi Goreng Enak

  • 2 piring nasi putih (jangan dalam kondisi panas)
  • 3 siung bawang merah (kupas terlebih dulu)
  • 2 siung bawah putih (kupas terlebih dulu)
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 3 buah cabai rawit (jika ingin super pedas bisa ditambah)
  • Garam secukupnya
  • 1 butir telur (di buat mata sapi atau dikocok juga bisa)
  • Merica secukupnya
  • Saos tomat secukupnya
  • Pelengkap lainnya : Ayam, udang, bakso, pete atau sesuai selera.

Cara Membuat Nasi Goreng Enak

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah dan cabai rawit, dengan cara diulek. Pastikan merata dan halus.
  2. Panaskan minyak goreng, kemudian tumislah bum-bumbu tadi sampai bau harumnya terasa.
  3. Masukkan bahan pelengkap sesuai selera : Ayam dipotong tipis-tipis (sudah digoreng), bakso, udang atau yang lain. Tumis sampai bau dan warnya berubah.
  4. Kemudian masukkan telur dengan cara di orak-arik dan kemudian tuangkan nasi yang telah disiapkan.
  5. Aduh secara merata agar bumbunya bisa meresap pada nasi secara keseluruhan.
  6. Taburkan garam, merica secara merata agar rasanya tidak hambar dan lebih sedap.
  7. Tambahkan saus tomat secukupnya. Jika perlu tambahkan kecap secukupnya juga, agar rasa yang tercipta ada manis-manisnya.
  8. Aduk atau goreng sampai merata keseluruhan. Ingat, jangan biarkan nasi goreng terdiam diatas wajan tanpa terus diaduk, karena akan gosong.
  9. Nasi goreng siap disajikan. Agar lebih cantik, bunda bisa menambahkan irisan tomat, daun kemangi, pete atau daun seledri.
  10. Selamat menikmati
Itulah cara mudah membuat nasi goreng enak di rumah sendiri. Secara umum memang caranya demikian, namun kadang ada beberapa penjual nasi goreng atau juru masak yang memiliki resep dan cara masak yang dirahasiakan, agar hasil masakannya lebih mak nyus dan tidak ada yang meniru.

Bentar nih, ada catatan buat yang mau membuat nasi goreng anak di rumah.

Jangan membuat nasi goreng dari nasi yang keadaan panas, karena jika digoreng hasilnya akan berantakan dan lengket kemana-mana. Jika ingin lebih enak sebagaimana yang diharapkan, lebih baik sebelum membuat nasi goreng, nasinya dinginkan dikulkas selama beberapa jam terlebih dulu, agar ketika digoreng bisa lebih menyatu dan tidak lengket.

Baca juga ya : Cara Membuat Nasi Uduk Sendiri

2 komentar:

  1. Pengen banget bisa masak, tapi susah banget dptn moodnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja dg masak masakan yg kamu suka, itu nantinya bkl bangkitin mood kmu,

      Hapus