Kamis, 19 Januari 2017

Cara Memasak Gulai Kambing Wangi Aroma


Resep dan Cara Memasak Gulai Kambing Wangi Aroma – Masakan yang dengan khas untuk penyambutan hari-hari besar tidaklah hanya beberapa saja, sudah banyak makanan sajian kuliner yang wajib untuk dihidangkan saat hari besar.
Saat hari raya Idhul Adha semua orang sangat menyambut hari special ini. Karena di hari tersebut, semua orang saling berlomba-lomba untuk meningkatkan amal kebaikan masing-masing. Hari raya Idhul Adha lebih dikenal dengan sebutan hari raya qurban.
Hari raya Idhul Adha, dikenal dengan kesucian dan makna pengorbanannya, dan juga dikenal pembawa suka cita untuk semua kalangan karena banyaknya daging hewan kurban yang di olah menjadi sajian lezat yang dimakan bersama keluarga tercinta.
Nah, disaat momen seperti inilah, pasti para ibu-ibu sudah akan menyiapkan bumbu dan berbagai perlengkapan untuk memulai acara masak besar bersama keluarga. Pilihan menu sajiannya pasti berbahan dasar dari daging sapi dan daging kambing.
Tetapi pada umumnya untuk masyarakat Indonesia, daging kambing menjadi pilihan yang di senangi untuk diolah. Salah satunya gulai kambing. Gulai kambing merupakan kuliner yang sangat lezat dan menggugah selera.
Untuk membuat gulai kambing memang susah-susah gampang, terutama untuk beberapa orang yang kesulitan untuk mengolah daging kambing akan sangat membutuhkan tips dan triknya yang jitu dan akurat untuk berhasil mengolahnya.
Masakan khas ini akan terasa sangat lezat apabila sudah menghilangnya aroma khas kambing, jika masih terasa aromanya terkadang membuat orang menjadi enggan untuk mencicipinya. Namun jika kalian sudah bisa untuk menangani agar tidak ada aroma khas kambing semua akan berjalan dengan lancar.
Agar masakan gulai kambing bisa empuk dan tak berbau, Sekarang kita simak aja yuk langkah-langkahnya..
Untuk kelangkah pertama, pilihlah daging yang ingin dibuat gulai.
Gulai biasanya dibuat dari beberapa campuran yaitu daging kambing, kulit dan jerohan. Pada jerohan harus di cuci berkali-kali agar tidak ada kuman yang masih menempel. Kemudian daging kambing dipotong dengan ukuran yang sama.
Daging kambing di rebus sampai empuk
Agar daging kambing yang ingin di buat gulai menjadi empuk dan bertekstur lembut, haruslah direbus terlebih dahulu sampai lama, hingga daging benar-benar empuk. Jika merebus hanya sebentar pastilah hasilnya daing akan menjadi agak alot dank eras untuk dimakan. Bahkan bau khas kambing akan masih tercium.
Untuk tipsnya, pastikan saat merebus menggunakan panci presto karena akan mempersingkat waktu dalam proses merebus. Apabila menggunakan panci biasa, rebus dengan waktu yang lama.
Untuk mengempukkan daging lebih cepat, bisa menggunakan bahan alami yang mudah di dapatkan, misalnya : daun papaya, parutan nanas, dan lain sebagainya.
Kunci selanjutnya untuk mendapatkan dadaing yang empuk dan bebas bau kambing yaitu dengan membuang air rebusan pertama.
Untuk bumbu-bumbunya sekarang ini sudah banyak bumbu siap saji yang bagus, namun alangkah baiknya jika membuat bumbu-bumbunya sendiri agar lebih yakin asal pembuatan baik dan aman. Jangan lupa untuk memiliih bumbu-bumbu berkualitas baik agar masakan semakin mantap.

Bahan-Bahan Gulai Kambing Wangi Aroma :

  1. 1 kg Daging Kambing/Domba (tulangan, jerohan, kulit dan sebagainya)
  2. Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu
  3. 2 liter air
  4. 2 lembar daun jeruk
  5. 2 lembar daun salam
  6. 1 buah bawang Bombay ( sudah diiris tipis)
  7. 1 batang sereh, di geprek
  8. 2 butir cengkeh
  9. 3 cm kayu manis
  10. 500 ml santan kental

Bumbu yang di haluskan :

  1. 5 butir bawang putih
  2. 10 butir bawang merah
  3. 1/2 sdm lada
  4. 1 sdm ketumbar
  5. 1/2 biji pala
  6. 2 cm lengkuas
  7. 2 cm jahe
  8. 2 cm kunyit
  9. 1/2 sdt jinten
  10. 1/2 sdt kelabet
  11. 1 sdt garam
  12. 2 butir kapulaga

Langkah-langkah :

  1. Siapkan panci presto, kemudian masukkan air dan didihkan, masukkan daging kambing/domba kedalam panci presto lalu tunggu sampai 30 menit kemudian matikan apinya. Jika sudah dingin, buang air rebusan sampai kering tak tersisa.
  2. Selanjutnya masukkan air ke dalam panci presto, rebus kembali daging bersama daun jeruk, daun salam, kayu manis dan cengkeh.
  3. Kemudian buatlah tumisan, Siapkan wajan masukkan minyak goreng secukupnya. Masukkan bumbu yang sudah di haluskan lalu masukkan sereh, bawang Bombay, tumislah sampai harum.
  4. Setelah itu masukkan bumbu tumisan ke dalam kuah daging sedikit demi sedikit.
  5. Kemudian masukkan santan kental, aduklah sampai semua bumbu tercampur secara sempurna.
  6. Setelah mendidih, hamper matang, cobalah dicicip terlebih dahulu sampai rasa sudah pas sesuai selera.
  7. Sajikan  

Lebih nikmat bila ditambahkan dengan taburan bawang goreng, perasan jeruk nipis dan acar dengan pelengkap kerupuk dan sambal terasi. Akan lebih terasa nikmat saat semua anggota keluarga berkumpul bersama dan di santap bersama-sama agar kekeluargaan terus mengikat. Mudah kan? Semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar