Rabu, 18 Januari 2017

Cara Memasak Kepiting Saus Tiram




Cara Memasak Kepiting - Kepiting merupakan hewan yang masuk ke dalam golongan hewan berkaki sepuluh. Hewan ini mampu hidup di dua alam yakni di darat dan di air, namun kepiting biasanya hidup di dalam air. Kepiting memiliki beberapa ciri khusus diantaranya memiliki cangkang yang cukup keras dan dua capit yang tajam. Kepiting memiliki daging yang tidak terlalu banyak namun tergolong masakan seafood yang enak. 

Di antara masakan yang selalu menggoda lidah selain nasi goreng dan opor ayam tidak lain adalah masakan seafood. Masakan seafood memang selalu  menawarkan kelezatan yang berbeda dari yang lain. Rasanya yang menagihkan selalu imbang dengan gizi yang terkandung, salah satunya adalah masakan kepiting saus tiram.

Kepiting saus tiram merupakan salah satu makanan seafood yang lezat dan gurih serta memiliki cita rasa yang pedas. Untuk membuat kepiting saus tiram tidak memerlukan keahlian khusus, rahasia membuat kepiting saus tiram terletak pada komposisi bumbunya saja. Jika racikan bumbunya sudah pas dan sesuai,tentu rasa yangtercipta akan meleleh.

Meski demikian, pemilihan jenis kepiting yang berkualitas bagus adalah hal mutlaq yang harus diperhatikan. Pilihlah kepiting yang  segar dan berisi, lebih-lebih jika kepiting tersebut masih hidup, tentu akan lebih menjanjikan. Sebab pada umumnya kepiting yang terlalu lama di simpan di kulkas dagingnya akan menyusut dan mengecil.

Selain masakan kepiting saus tiram, sebetulnya masih banyak olahan seafood yang bisa dijadikan sajian lezat layaknya kepiting saus tiram, diantaranya ialah kepiting saus padang, kepiting asam manis, kepiting santandan kepiting soka.

Nah masakan kepiting paling cocok kalau lagi ada tamu ada saat semua keluarga lagi kumpul. Dari pada beli di rumah makan atau restoranseafood yang harganya lumayan mahal, lebih baik bunda mengikuti cara memasak kepiting saus tiram dibawah ini.

Bahan utama


Kepiting 5 ekor yang masih fresh ukuran jumbo (sesuai porsi)
  • Saus tiram 6 sendok makan
  • Saus tomat 4 sendok makan
  • Cabe rawit 15 biji dihaluskan (sesuai selera)
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Garam, gula pasir, penyedap rasa dan air secukupnya
Bumbu yang perlu dipersiapkan:
  • 3 siung bawang putih (dialuskan)
  • 6 butir bawang merah (dihaluskan)
  • 2 buah cabai merah (bijinya dibuang)
  • 3 cm jahe  (dimemarkan)
  • 1 batang serai (dimemarkan)
  • 2 cm lengkuas (dimemarkan)
  • Daun salam 3 lembar
  • Minyak goreng buat menumis
Cara Memasak Kepiting Saus Tiram :
  1. Langkah pertama yang harus bunda lakukan ialah mencuci kepiting sampai benar - benar bersih merata.
  2. Setelah itu panaskan wajan, rebus kepiting dengan air hingga mendidih dan matang. Angkat lalu tiriskan.
  3. Selanjutnya tumis bumbu yang telah dihaluskan menggunakan sedikit minyak goreng sampai tercium aroma sedap, lalu masukkan jahe, serai, daun salam dan lengkuas.
  4. Lalu tuangkan air secukupnyasaja, tunggu sampai mendidih.
  5. Kemudian masukkan kepiting dan iringi dengan saus tiram, saus tomat, merica bubuk, cabe rawit, garam, gula pasir, dan penyedap rasa. aduk sampai semua bahan tercampur merata dan matang.
  6. Angkat dan sajikan kepiting saus tiram pada keluarga.

Demikian cara memasak kepiting saus tiram yang lezat, bunda bisa menyajikannya buat keluarga atau ketika ada tamu datang.  Dengan demikian bunda tak perlu lagi membeli ke  restoran atau rumah makan seafood. Cukup  meniru cara yang disajikan bundadan keluarga sudah bisa menyantap  kepiting saus tiram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar