Sabtu, 14 Januari 2017

Cara Memasak Bubur Kacang Hijau



Cara Memasak Bubur Kacang HijauPernah tahu istilah Burjo? Kalau pernah berarti sering ke warung Burjo. Buat yang belum tahu, Burjo itu singkatan dari bubur kacang hijau. Biasanya burjo dijual diwarung-warung pinggir jalan. Selain bubur kacang hijau, warung tersebut biasanya juga menyediakan menu bubur ayam, bubur ketan hitam dan minuman-minuman ringan lainnya.

Kadang beberapa orang juga tak begitu suka sarapan bagi, dan mereka lebih suka untuk sarapan bubur kacang hijau atau bubur ayam. Mereka memiliki bubur kacang hijau sebagai pengganti nasi karena kandungan kacang hijau juga cukup untuk memenuhi gizi tubuh, seperti karbohidrat dan lain-lain.


Di Indonesia tidak semua tahu masakan bubur kacang hijau, karena memang bahan pokok bubur kacang hijau tak ditanam di seluruh penjuru Nusantara. Kebanyakan yang familiar dengan bubur kacang hijau adalah pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan dan beberapa yang lain. Tapi untuk Papua, Sulawesi dan pulau yang lain, mimin kurang tahu.


Nah meski kita sering nyicipin burjo di warung-warung, kadang keluarga juga ingin sesekali dibuatkan. Jika yang meminta hanya satu atau dua, cukup lah jika dibelikan di warung. Namun jika yang minta dibuatkan bubur kacang hijau sekeluarga, ya pasti bunda harus memasak sendiri di rumah. Apalagi kalau masuk bulan puasa, pasti banyak yang menginginkan bubur kacang hijau.


Karenanya untuk menjawab permintaan keluarga, lebih baik bunda simak dulu ulasan cara memasak bubur kacang hijau yang satu ini, agar hasil masakannya kelezatannya sama dengan yang dijual diwarung-warung. Simak yuk,


Bahan yang harus disiapkan
  • Siapkan kacang hijau sebanyak 250 gram.
  • Siapkan juga gula merah sekitar 100 gram.
  • Kemudian pisahkan gula pasir ± 250 gram.
  • Pilih jahe yang rada tua dan potong sekitar 4 cm .
  • Jangan lupa daun pandan 6 lembar untuk bubur kacang ijo dan juga untuk santan.
  • Siapkan garam dapur 1 sendok teh.
  • Buat santan kental dari kelapa tua, sekitar 2 gelas (400 ml).
  • Bisa ditambahkan garam sekitar setengah sendok teh.
  • Air bersih 2 liter (sesuai selera)

Cara praktis memasak bubur kacang hijau

  1. Untuk mempercepat proses pengerjaannya, ada baiknya gunakan dua buah kompor (kompor gas).
  2. Cuci kacang hijau sampai bersih total dan buang yang kurang bagus (gepeng, pecah, busuk), kemudian rendamkan sekitar 60 menit.
  3. Langkah selanjutnyanya rebus kacang hijau di panci ukuran sedang (sesuaikan ukuran pancinya) hingga tampilan kacang hijaunya pecah pecah.
  4. Untuk mempercepat waktu (selama merebus kacang hjau) bunda dapat merebus gula merah (namun sebelumnya potong-potong dulu supaya mudah larut) serta gula pasir dengan air secukupnya, dan tunggu hingga semuanya larut.
  5. Nah setelah bubur kacang hijaunya pecah pecah, masukkan air gula dengan cara di saring dahulu, gunakan saringan santan.
  6. Masukkan beberapa potong jahe (sebelumnya di geprek dulu) dan masukkan 3 lembar daun pandan.
  7. Jika ada tungku yang lain, rebus (santan kental + garam + daun pandan). Dan jangan sampai santan pecah, setelah mendidih angkat dan tempatkan dalam wadah.
  8. Seusai beberapa lama kacang hijau direbus, selanjutnya angkat. Bila ada yang kurang, silahkan ditambahkan.
  9. Bubur kacang hijau panas siap disajikan dengan santan kelapa.
Nah demikian cara memasak bubur kacang hijau. Jika dilihat dari cara pembuatan memang rada sulit, karena bunda harus menyajikan kacang hijau plus santan yang pas. Namun jika langsung dipraktikkan akan terasa mudah kok. Selamat mencoba bunda.

baca juga ya : cara memasak sayur asem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar