Senin, 07 Maret 2016

Jenis Bahan Makanan Pengganti Daging

Bahan Makanan Pengganti Daging - Tak perlu kuatir, menjadi vegetarian bukan berarti tak bisa menikmati sate ayam, empal, rendang sapi, ayam goreng balado, bakso, burger, pizza, maupun sushi. Kita tetap bisa menyantap makanan tersebut, namun jelas bukan dengan daging asli,tapi dengann daging ala vegetarian. Jangan khawatir, daging ini aman karena terbuat dari bahan nabati umumnya terbuat dari kacang kedelai, jagung dan tepung terigu dan rasanya tetap nikmat.
Jenis Bahan Makanan Pengganti Daging
Jenis Bahan Makanan Pengganti daging
Berikut ini merupakan beberapa daging bagi para vegetarian :
  • Gluten.
    Ini adalah daging tiruan yang paling populer di kalangan vegetarian, selain bisa dibuat sendiri di rumah, gluten  bisa diolah menjadi beranekan ragam masakan daging, seperti rendang, bakso, sate, empal, dan lain-lain. Gluten terbuat dari tepung terigu yang diuleni hingga kalis, lalu dibilas berkali-kali sehingga dihasilkan sari pati tepung yang bertekstur kenyal seperti daging. 
  • Proteina
    Proteina terbuat dari dari jagung dan memiliki rasa yang gurih. Di pasaran, terdapat tiga pilihan bentuk, yaitu cincangan, kasar dan irisan. Cara pengolahannya sangat mudah, rendam dengan air panas, jika sudah mengembang, bilas (dan sedikit diremas-remas) dengan air hingga bersih dan siap diolah dengan bumbu.
  • Kaki Jamur
    Jamur tiram, jamur kancing, jamur hioko dan semua jenis jamur adalah salah satu jenis tanaman yang rasa dan bentuknya jika sudah diolah hampir menyerupai daging,rasannya pun dijamin sama nikmatnya. Jamur tiram termasuk jamur favorit, memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin B2, vitamin B1, fosfor. besi, kalsium, karbohidrat dan protein. Jika membeli jamur dalam bentuk segar,sebaiknya jamur tersebut segera dimasak atau disimpan di dalam lemari es selama maksimal sehari. Jamur tiram ini mengandung banyak air, sehingga mudah busuk. Saat membeli, pastikan warnanya masih putih bersih teksturnya kering, dan baunya tidak apek. Jika warnanya sudah agak kecoklatan, maka jamur tersebut sudah tidak layak konsumsi, dan jika dimasak, rasa dan aromanya tidak sedap.
  • Ham vegetarian, otak-otak, drumsteak, nugget ayam, steak, bebek, dan chasio. Ini merupakan daging yang sudah diproses secara teknologi oleh pabrik dan umumnya terbuat dari kedelai. Biasanya sudah dikemas dalam keadaan beku dan dijual di toko-toko bahan makanan vegetarian.
  • Ikan asin, bakso ikan, udang, cumi-cumi, dan seafood nabati. Bahan dasarnya dari gluten, hanya saja ada penambahan rumput laut dalam pengolahannya, sehingga rasanya nyaris seperti daging yang berasal dari laut.
Tidak sulit untuk mendapatkan daging vegetarian alias daging tiruan. Daging-daging tersebut biasanya tersedia di restoran, rumah makan vegetarian, bahkan ditemukan di beberapa supermarket. Daging-daging vegetarian pun bisa dibuat sendiri di rumah.
Gluten adalah salah satu daging vegetarian yang bisa dibuat sendiri di rumah.

baca juga ya : cara membuat gluten

17 komentar:

  1. mantap
    cocok banget bagi yang vegetarian
    tapi sayang nya saya bukan vegetarian mas
    semua yang enak tinggal lahap
    thank info nya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti ane buatin resepnya juga khusus yang nonvegetarian juga..
      terimakasih kembali.

      Hapus
  2. pengganti daging lumayan lah gan,pngen daging gk kesampean :v

    BalasHapus
  3. kebetulan ane pengen berubah jadi vegetarian. dan anak kos juga.. jadi cocok banget, ;V

    BalasHapus
  4. ini kalo di indo susah gak gan nyarinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak tersedia gan, buat sendiri atau cari juga bisa

      Hapus
  5. Mantap cocok buat yg vegetarianvegetarian Nice Post pokoknya

    BalasHapus
  6. tetep aja kagak ada yg bisa gantiin rasanya daging gan :v

    BalasHapus
  7. Wah ternyata bajnyak juga ya makanan yang bisa menggantikan daging :D thanks gan infonya

    BalasHapus
  8. Mantaff banget ne beritanya, makasih banyak ya gan?

    BalasHapus
  9. wah, lebih murah dong hehehe, nice info

    BalasHapus