Senin, 21 Maret 2016

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam

Bubur Ketan Hitam - sering disebut juga dengan Bubur ketan ireng (Bubur pulut hitam atau bubur injit) yang merupakan hidangan penutup dengan rasanya yang manis dan terbuat dari beras ketan yang direbus dengan air berlebih hingga lunak dan disajikan dengan santan.
Bubur ketan hitam ini telah terkenal diseluruh Indonesia, terutama di pulau Jawa. Di daerah pengaruh budaya melayu yang kental, bubur ini memiliki sebutan yaitu bubur pulut hitam. sementara di Bali dan Nusa Tenggara Timur, disebut juga bubur injit. Makanan ini bisa disajikan dalam keadaan dingin maupun hangat. Kini banyak penjual yang berjualan bubur ketan hitam hitam ini dan biasanya dicampur dengan bubur kacang ijo sebagai campurannya sehingga rasanya akan lebih nikmat.

Manfaat Ketan Hitam - Ketan Hitam dapat mencegah terjadinya Diabetes, Ketan hitam memiliki sifat anti-inflamasi dan kaya antioksidan. Dan jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan bermanfaat untuk mencegah diabetes serta bisa membantu menjaga kesehatan kulit secara alami, mampu menggantikan sel kulit mati dengan sel kulit baru yang lebih halus dan lembut, serta mengandung pelembab alami yang bisa mendinginkan kulit
(Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Bubur_ketan_hitam)

Resep Bubur Ketan Hitam / Bubur Ketan Ireng
Cara Membuat Bubur Ketan Hitam
Resep Bubur Ketan Ireng
Bahan : 
  • 150 g beras ketan hitam
  • 100 g beras ketan putih
  • 250 g gula merah, iris halus
  • 1 1/2 liter air 
  • 2 lembar daun pandan
Bahan Saus Santan : 
  • 750 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan, sobek-sobek dan buat simpul
Cara Membuat :
  1. Saus Santan : dengan api kecil dan sambil diaduk, didihkan semua bahan saus santan sampai mengental. Angkat dan sisihkan.
  2. Cuci beras ketan hitam dan ketan putih sampai bersih.
  3. Dengan api kecil dan sesekali diaduk, masak dengan 1 1/2 liter air dan daun pandan sampai lunak dan kental.
  4. Masukkan gula merah dan garam, aduk sampai gula larut dan bubur tidak berair.
  5. Hidangkan bubur ketan hitam dengan saus santan.
Demikian cara pembuatan atau Resep Bubur Ketan Hitam, jadi tahukan apa itu bubur ketan hitam serta bahan apa dan bagaimana cara membuatnya. semoga bermanfaat dan selamat mencoba .

Dicoba yah..


baca juga ya : cara membuat bubur jamur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar