Senin, 15 Agustus 2016

Cara Membuat Gulai Usus Sapi Dengan Mudah dan Lengkap

Gulai usus sapi atau dikenal dengan gulai tambusu adalah salah satu resep masakan khas minang. Gulai usus sapi ini merupakan kuliner nusantara yang pada awalnya berasal dari Sumatera Barat. Gulai berkuah kental berbahan dasar usus sapi yang diisi dengan kocokan telur yang berbumbu. Terkadang isi gulainya juga ditambah dengan tahu dan tempe yang dihancurkan yang dikocok bersama dengan telur ayam.

bumbu yang digunakan dalam adonan telur yaitu santan, bawang putih, bawang merah, sedikit cabai, dan kemiri. campuran telur ayam dan telur bebek digunakan agar adonannya tidak menjadi terlalu lembek. beberapa orang juga ada yang menggunakan usus kerbau dalam membuat gulai tambusu. namun, usus kerbau tersebut harus dimasak lebih lama supaya menjadi lunak dan memiliki aroma yang agak menyengat.

Usus sapi yang panjang direbus hingga matang. Isinya akan mengembang selama dalam proses pemasakan sehingga penampilan ususnya nanti akan menjadi seperti sosis gemuk yang menggiurkan. memasak usus yang diisi adonan telur dan santan tersebut tidak mudah. selama memasaknya harus terus menerus diaduk. jika tidak diaduk, maka usus akan membesar sebelah karena kematangan yang tidak merata. kemudian sosis dipotong - potong sekitar 7 - 8 cm dan dimasak lagi dalam kuah gulai bersantan yang kental.

Gulai usus sapi menggunakan usus sapi yang didalamnya terdapat isi telor, campuran tahu, dan bumbu lainnya serta disajikan dengan kuah gulai yang kental akan membuat cita rasa gulai menjadi semakin nikmat. Bagi kita yang suka dengan masakan gulai sumatera barat, maka gulai tambusu atau gulai usus sapi ini dapat menjadi rekomendasi untuk membuat sendiri di rumah dan mencicipinya. Rasa pedas dan gurihnya akan membuat kita yang menyantapnya menjadi ketagihan

Bagaimana Cara Membuat Gulai Usus Sapi ?

Cara membuat gulai usus sapi ini tidak mudah, namun jika sudah terbiasa maka kita pasti bisa membuatnya. bahan dasarnya berasal dari usus sapi dengan lumuran saus pedas dan gurih sehingga masakan tersebut akan cocok jika disajikan saat berkumpul bersama. Berikut ini akan dijelaskan cara membuat gulai usus sapi atau gulai tambusu dengan mudah dan enak.

Resep cara membuat gulai usus sapi

Cara Membuat Gulai Usus Sapi Dengan Mudah dan Lengkap
Gulai Usus Sapi
Bahan :
  •  Usus sapi 1 kg
  • Santal kental 6 gelas
  •  Telur ayam 16 butir

Bumbu :
  • Bawang merah 10 butir
  • Bawang putih 6 siung
  • Cabai merah giling 2 sendok makan
  • Daun kunyit 2 helai
  • Serei 2 tangkai
  • Merica 1 sendok teh
  • Tepung beras 2 sendok makan
  • Garam secukupnya

Cara memasak gulai usus sapi
  1.  Usus sapi dicuci sampai bersih, isinya dibuang, kemudian ikat kedua ujungnya
  2. Telur kocok, dicampur dengan merica halus, santan kental, tepung beras, dan garam. Lalu masukkan ke dalam usus (jangan terlalu penuh), semat kembali kedua ujungnya, lalu direbus sampai empuk
  3. Bawang merah dan bawang putih digerus sampai halus dengan dibubuhi garam secukupnya
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi, yaitu serei, daun jeruk, daun kunyit, cabai giling, dan santan kental, aduk perlahan agar santannya tidak pecah
  5. Setelah keluar minyak, masukkan usus ke dalamnya
  6. Teruskan memasak sampai airnya habis.
  7. Gulai usus sapi siap dihidangkan

Demikian adalah resep cara membuat gulai usus sapi dengan mudah dan lengkap. Semoga bermanfaat.

Tags : gulai usus sapi, resep gule usus sapi, cara membuat gule usus sapi, cara mudah membuat gule usus sapi sendiri di rumah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar