Jumat, 24 Juni 2016

Cara Mematikan Fitur Auto Update Apps Pada Aplikasi Android

Fitur auto update apps terdapat pada salah satu fitur pada aplikasi android, yaitu Google Play Store. Play Store merupakan aplikasi yang menyediakan banyak aplikasi lainnya untuk di download secara gratis. Aplikasi ini akan mempengaruhi banyak aplikasi lainnya karena banyak pengguna smartphone yang mengunduh aplikasinya dari Google Play Store.

Cara Mematikan Fitur Auto Update Apps Pada Aplikasi Android
Updates Avaiable for Apps
( Source : Maxmanroe.com )
Perangkat android secara default akan menyalakan atau enable fitur auto update apps pada setiap aplikasi android sehingga jika setiap ada versi terbaru dari aplikasi yang telah terinstall pada smartphone maka aplikasi tersebut secara otomatis mengupdate jika smatphone sudah terhubung dengan internet.

Sebagian orang yang mengalami hal ini mungkin tidak begitu menjadi masalah, namun pada sebagian orang akan mengalami akan mengalami masalah mengenai ter enable nya fitur auto update pada google play store. Masalah yang biasa terjadi yaitu penggunaan baterai yang lebih cepat habis dan penggunaan pulsa yang internet yang terlalu banyak sehingga menghabiskan kuota internet karena fitur auto update apps pada google play store secara otomatis langsung update aplikasi jika tersambung dengan paket data atau Wifi.

Update aplikasi dan game yang kapasitas ukurannya kecil memang tidak menjadi masalah karena hanya memakan sedikit paket data, namun jika game yang berukuran besar maka kuota akan cepat habis hanya digunakan untuk mengupdate aplikasi tersebut karena fitur auto update apps yang masih enable.

Setting update pada Google Play Store secara default adalah auto update apps. Setting tersebut masih dapat diganti jika seseorang mengetahui caranya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mematikan fitur auto update apps Google Play Store pada aplikasi android yang dapat anda terapkan pada smartphone, diantaranya yaitu :

Cara Mematikan Fitur Auto Update Apps Pada Aplikasi Android
Fitur Auto Update Apps
  1. Hubungkan perangkat android dengan internet, kemudian membuka aplikasi Google Play Store.
  2. Pada halaman depan Google Play Store, maka lakukan tap pada tombol yang terdapat baris menu berbentuk 3 baris horisontal yang ada pada pojok kiri di atas Play Store. 
  3. Setelah melakukan tap, maka daftar menu pada aplikasi tersebut akan terbuka. Kemudian pilih settings.
  4. Berbagai daftar menu dalam settings akan muncul, kemudian lakukan tap pada auto update apps pada aplikasi android tersebut. Ada 3 pilihan pada menu update aplikasi yang muncul di Google Play Store yaitu : Do not auto update apss untuk tidak melakukan update otomatis pada aplikasi android.
          - Auto update apps at anytime. Data Charges May Apply untuk melakukan update ketika ada aplikasi versi terbaru dengan menggunakan paket data internet yang digunakan.
    - Auto updates apps over wifi only untuk melakukan update pada aplikasi android ketika perangkat android terhubung dengan wifi.
  5. Cara untuk mematikan fitur auto update apps pada aplikasi tersebut, maka pilih opsi pertama yaitu Do not auto update apps agar tidak melakukan update secara otomatis. 
  6. Setelah memilih opsi tersebut, maka opsi pilihan tersebut dari auto update apps akan berubah menjadi do not auto update apps yang menunjukkan opsi pilihan tersebut aktif.
  7. Setelah itu, anda telah berhasil mematikan fitur dari auto update apps pada Google Play Store. Seseorang juga dapat memberi fitur auto update pada pilihan aplikasi tertentu. Caranya yaitu dengan membuka aplikasi yang ingin di enable / disable auto update, kemudian klik pojok kanan atas pada aplikasi tersebut.
7.      Opsi pilihan auto update akan muncul hanya dalam 1 opsi dan hanya tinggal memilih untuk mencentang atau menghilangkan centang ( menyalakan auto update atau mematikan auto update ) pada Google Play Store.

Demikian adalah cara mematikan fitur auto update apps pada aplikasi android di smartphone yang dapat anda lakukan pada smartphone anda. Bagaimana ? cukup mudah bukan ? daripada mematikan fitur auto update pada aplikasi yang dapat membuat aplikasi ketinggalan versi terbarunya, menurut saya akan lebih baik jika memilih pada opsi ke tiga yaitu auto update apps over wifi, sehingga perangkat android anda akan terus update aplikasi tanpa harus menghabiskan kuota internet. Semoga bermanfaat.



------------------------------------------------------------------------------------------------
Tags : Auto update apps, cara mematikan fitur auto update apps, mematikan auto update apps, update otomatis aplikasi android, update otomatis google play store, cara mudah mematikan fitur auto update apps pada aplikasi android.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar