Sabtu, 18 Juni 2016

Resep Cara Membuat Bubur Kacang Hijau dan Ketan Hitam Spesial Secara Mudah

Bubur Kacang Hijau adalah salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari kacang hijau dimasak dengan air dan gula aren serta daun pandan. Bahan-bahan tersebut dimasak hingga mendidih sampai kacang hijaunya menjadi lunak. Kemudian disajikan dengan tambahan santan. Beberapa orang juga menambahkan tepung tapioka ke dalam bubur kacang hijau. Makanan ini dapat dimakan ketika masih hangat atau dingin dengan cara memasukkan es batu di dalamnya.

Resep Cara Membuat Bubur Kacang Hijau dan Ketan Hitam Spesial Secara Mudah
Resep Cara Membuat Bubur Kacang Hijau
Menurut saya, kacang hijau paling enak dimakan ketika masih hangat. Resep cara membuat bubur kacang hijau dan ketan hitam spesial secara mudah akan membantu anda dalam proses pembuatannya. Caranya cukup mudah dan ketika disantap sangat enak rasanya.

Bahan Bubur Kacang Hijau
  •  200 gram kacang hijau direndam selama 2 jam
  • 100 gram gula pasir
  • 550 ml air
  •  ½ sendok teh garam

Bahan Bubur Ketan Hitam
  • 200 gram ketan hitam direndam selama semalam
  • 100 gram gula merah
  •  1 liter air
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok makan tepung tapioka dilarut dengan air

Bahan kuah santan 
  • 1 liter santan kelapa
  • 1 lembar daun pandan
  •  ½ sendok teh garam

Bahan Taburan (bahan tambahan)
  • 150 gram buah nangka yang terpotong-potong

Alat Bubur Kacang Hijau dan Ketan Hitam Spesial
  • Dandang sedang atau besar untuk memasak kacang hijau dan ketan hitamnya
  • Dandang kecil untuk memasak santan
  • Panci untuk memasak gulanya
  • Kompor dan berbagai peralatan lainnya

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau dan Ketan Hitam Spesial
  1.  Memasak bubur kacang hijau, dengan cara merebusnya dalam dandang di atas api sedang hingga kacang hijaunya lunak atau pecah. Kemudian masukkan gula pasir dan garam ke dalamnya, rebus hingga menjadi bubur. Jika rebusan sudah mulai mengering maka dapat ditambahkan air secukupnya. Tuangkan tepung tapioka ke dalamnya, kemudian aduk lagi sampai merata.
  2. Memasak bubur ketan hitam, dengan cara mengukus ketan hitam dalam dandang hingga setengah matang kemungkinan setengah jam. Kemudian tambahkan air, dan rebus dengan air di atas api sedang sambil sesekali diaduk. Masukkan gula merah dan garam serta merebusnya hingga menjadi bubur. Tuangkan tempung tapioka dan aduk lagi dan disisihkan.
  3. Memasak kuah santannya, dengan cara mencampur semua bahan santan di atas api kecil sampai mendidih sambil sesekali diaduk. Kemudian rebus hingga matang, angkat dan sisihkan.

Cara Penyajiannya
Bubur kacang hijau dan ketan hitam spesial siap dihidangkan, dengan cara mencampur bubur kacang hijau dengan bubur ketan hitam kemudian diberi kuah santan. Anda dapat menambahkannya dengan taburan potongan nangka agar rasanya lebih enak. Sajikan ketika masih hangat agar terasa nikmat.

Usaha Bubur Kacang Hijau
Untuk seseorang yang belum mempunyai pekerjaan dan tidak memiliki modal yang besar maka bisnis kacang hijau dapat menjadi pilihan sebagai peluang usaha yang bagus. Kini sudah banyak pedagang warung dan toko yang menjual bubur kacang hijau yang laris manis. Setiap harinya selalu dikunjungi para pengunjung.

Usaha bubur kacang hijau ini dapat dilakukan di rumah karena peralatannya dapat menggunakan peralatan yang biasanya dipakai di rumah sehingga akan menghemat modal. Anda juga dapat menggunakan gerobak dorong untuk menjual bubur kacang hijau tersebut agar lebih dikenal. Setelah itu, anda dapat membuat warung atau kedai bubur kacang hijau yang enak tentunya.

Bisnis bubur kacang hijau ini cocok bagi anda yang belum mempunyai pekerjaan. Bapak / ibu, anak muda, dan sebagainya dapat membuat usaha bubur kacang hijau menjadi peluang usaha anda. Cara membuatnya juga cukup mudah dan tidak menyulitkan untuk dilakukan. harga bubur kacang hijau pada umumnya bisa mencapai 3000 hingga 6000 rupiah.

Dua anak muda di Kota Malang yang saya temui telah membuka usaha bubur kacang hijau sehingga menjadi berhasil dan kini memiliki sebuah warung atau kedai sendiri di sana. Mereka mengembangkan bubur tersebut dengan menjual bubur lainnya seperti bubur ayam, dan sebagainya.

Cerita Unik Dari Bubur Kacang Hijau
Cerita ini mengutip dari www.hajahsofya.com yang berjudul saat bubur kacang hijau berubah menjadi sayur toge. Langsung saja ceritanya. Sejak ia menikah dan hamil, ia menjadi senang utnuk membuat bubur kacang hijau karena nutrisinya yang baik bagi kesehatan dan rasanya yang enak.

Kacang hijau agar terasa lebih lunak, maka terlebih dahulu ia biasanya merendam kacang hijau dalam air sekitar semalaman. Setelah proses tersebut, kacang hijau menjadi tidak keras lagi karena telah menyerap air. Jika sudah mengembang, maka tinggal merebusnya dengan air panas kemudian diberi gula merah, pandan dan santan.

Karena proses prendamannya yang terlalu lama dengan air yang terlalu sedikit. Akibatnya setelah kacang hijau telah menyerap air, maka kacang hijau tersebut menjadi sebuah biji dan berkecambah sehingga jadilah sayur toge. Jadi, bubur kacang hijaunya ada tunasnya, seperti sayur toge.

Resep Cara Membuat Bubur Kacang Hijau dan Ketan Hitam Spesial Secara Mudah
Ketika Bubur Kacang Hijau Menjadi Sayur Toge
(Source : www.hajahsofya.com )
Bubur Kacang Hijau Baik Untuk Kesehatan
Bubur kacang hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat lengkap. Bubur kacang hijau mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung.

Kacang hijau berperan dalam mengurangi resiko penyumbatan darah yang dapat mengarah pada serangan jantung serta dapat menyehatkan pembuluh darah arteri dan baik dikonsumsi bagi ibu hamil untuk kesehatan bayi.

Bubur kacang hijau dapat dikonsumsi hangat maupun dingin. Jika malam maka dapat ditambahkan jahe agar menjadi penghangat tubuh. sedangkan pada siang hari, dapat ditambahkan es batu sebagai pelepas dahaga. Siang atau malam hari untuk mengonsumsi bubur kacang hijau tidak menjadi masalah.

Demikian adalah resep cara membuat bubur kacang hijau dan bubur ketan hitam spesial secara mudah. Mudah bukan !? cobalah untuk membuatnya di rumah dan tambahkan dengan potongan nangka jika ada pasti rasanya lebih sedap.


--------------------------------------------------------------------------------------
Tag : bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, resep bubur kacang hijau, resep bubur ketan hitam, cara membuat bubur kacang hijau, manfaat kacang hijau, usaha kacang hijau, cerita bubur kacang hijau, kacang hijau, ketan hitam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar