Minggu, 19 Juni 2016

Cara Mengatasi Berbagai Masalah pada Aplikasi Whatsapp Dengan Mudah

WhatsApp adalah sebuah aplikasi pesan untuk perangkat android yang populer digunakan. Whatsapp memungkinkan seseorang untuk mengirim file, pesan, audio, obrolan, gambar, foto, dan video kepada orang lain. Aplikasi whatsapp kini telah banyak digunakan bagi setiap pengguna perangkat android di seluruh dunia.

Cara Mengatasi Berbagai Masalah pada Aplikasi Whatsapp Dengan Mudah
WhatsApp
Whatsapp messenger adalah salah satu aplikasi chatting lintas platform yang dapat membuat seseorang dengan orang lain untuk bertukar pesan tanpa mengeluarkan biaya SMS karena Whatsapp menggunakan paket internet atau Wifi yang biasa digunakan dengan browsing web, email dan sebagainya.

Hal yang menarik dari whatsapp adalah sistem pengenalan kontak, verifikasi serta pengiriman pesan dapat dilakukan dengan nomor ponsel yang telah terlebih dahulu didaftarkan. Cara tersebut berbeda dengan Line yang selain menggunakan nomor ponsel serta email dan nama pengguna, atau BBM dengan menggunakan Pin.

Fitur Unggulan Whatsapp
Whatsapp memiliki berbagai fitur menarik yang dapat dicoba bagi setiap penggunanya, yaitu :
  • Dapat mengirim pesan teks
  • Dapat mengirim obrolan online
  • Dapat mengirim foto dari kamera atau foto dari galeri
  • Dapat mengirim video
  • Dapat mengirim file-file berkas seperti .doc , .pdf , .xls , .ppt , dan sebagainya.
  •  Dapat mengirim pesan suara yang dapat didengar langsung oleh penerima
  • Dapat menelpon seseorang tanpa pulsa
  • Dapat berbagi lokasi menggunakan GPS
  • Dapat mengirim kartu kontak
  • Dapat menulis huruf tebal (bold) “fitur baru”
  • Dapat menulis huruf miring (italic) “fitur baru”
  • Dapat menulis huruf dengan garis tengah horisontal (­Strike through)“fitur baru”
  • Telah mendukung beberapa stiker emoji, meskipun tidak seperti line
  • Pengguna whatsapp dapat mengatur panel profinya, yang terdiri dari nama, foto, status, serta beberapa pengaturan privasi untuk melindungi profil, membackup pesan, mengubah nomor akun dan melakukan pembayaran. Whatsapp akan menjadi aplikasi berbayar setelah 1 tahun digunakan, biayanya sekitar 12.000 per tahun. Kini whatsapp update terbaru sudah gratis tanpa biaya apapun.
Mengapa whatsapp ? bagaimana dengan whatsapp? Apa yang terjadi dengan whatsapp? Berbagai masalah sering dialami oleh setiap orang ketika menggunakan aplikasi androidnya, terutama whatsapp. Berikut ini ada beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah whatsapp yang ampuh digunakan saat ini, diantaranya yaitu :

Dimana Dapat Mendownload Whatsapp ?
Whatsapp dapat didownload di Play Store. Pada setiap smartphone android terbaru secara default telah tersedia sebuah aplikasi Play Store yang menyediakan berbagai aplikasi untuk diunduh, baik secara gratis maupun berbayar. Bagi pengguna iOS dapat mengunduh aplikasi whatsapp di App Store. Untuk informasi lebih lengkap dapat diperoleh dari situs resmi whatsapp.

Mengapa Tidak Bisa Menginstall Whatsapp ?
Whatsapp dapat dijalankan pada sebuah perangkat android maupun iOS. Untuk menggunakan aplikasi whatsapp, maka anda harus memiliki perangkat android dengan versi 2.1 atau versi yang lebih tinggi. Untuk memeriksanya pada smartphone dapat dilakukan dengan cara pilih Settings > about phone , pada tampilan about phone anda akan dapat melihat versi dari android yang anda gunakan.

Jika anda telah menginstall whatsapp bukan dari playstore, melainkan dari website resmi whatsapp. Maka anda harus mengaktifkan ‘Unknown Sources’ yaitu dengan cara pilih Setting > Security > Unknown Sources )

Bagaimana Cara Install Whatsapp Di Tablet ?
Jika anda memiliki sebuah tablet yang hanya dapat terkoneksi dengan Wi-Fi maka anda akan mengalami masalah disini karena pada umumnya dalam menginstall whatsapp membutuhkan sebuah kartu sim dan nomor telepon untuk mendaftar di whatsapp.

Untuk mengatasinya cukup mudah. Namun solusi ini keluar dari cara normal penggunaan whatsapp tersebut. ada beberapa resiko yang harus anda tanggung. Pada umumnya jika ingin mendaftar whatsapp memerlukan gadget dan nomor telpon. Namun jika anda ingin tetap dapat menginstall whatsapp di tablet ada beberapa panduan mudah yang dapat anda gunakan, yaitu . Coming soon. 

Mengapa Tidak Dapat Terkoneksi Ke Whatsapp ?
Sebagian besar masalah tersebut disebabkan karena koneksi data paket internet yang menipis atau koneksi Wi-Fi yang telah putus sehingga tidak bisa mengirimkan pesan. berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasinya :
  • Memastikan ponsel dalam keadaan aktif , switch on
  • Menginstall whatsapp versi terbaru dari aplikasi Play Stor
  • Memeriksa koneksi internet, dengan cara pilih Settings > Wireless and Network
  • Memastikan aplikasi task killer tidak diaktifkan karena dapat memengaruhi whatsapp (task killer adalah aplikasi penghemat energi dengan mematika aplikasi)
  • Mengosongkan cache app, dengan cara pilih Settings > Applications > Whatsapp > Clear Cache
  • Jika masih belum bisa dilakukan, maka salah satu solusinya yaitu dengan cara menguninstall aplikasi tersebut kemudian install ulang aplikasinya.
Mengapa Whatsapp Tidak Mengenali Kontak Saya ?
Ada berbagai alasan dalam hal ini ketika whatsapp tidak dapat mengenali kontak anda. Berikut ini beberapa solusi yang dapat anda coba, yaitu : 
  • Memastikan mempunyai nomor kontak yang benar digunakan pada WhatsApp
  • Memastikan menggunakan Whatsapp versi terbaru
  • Memastikan status kontak visible / viewable dalam daftar kontak
  • Memastikan semua grup kontak teman visible / viewable dalam daftar kontak
Bagaimana Cara Menambahkan Kontak Internasional di WhatsApp ?
Jika anda memiliki kenalan teman dari luar negeri dan mempunyai nomor ponsel whatsapp nya. Akan tetapi, jika setelah anda cari di whatsapp, anda tetap tidak dapat menemukan kontaknya maka hal ini akan menjadi masalah. Cara mengatasinya yaitu dengan cara menambahkan kontak internasional menggunakan kode negara saat mencarinya.

Setiap negara memiliki kode yang berbeda, misalnya Italia (+39), Australia (+61), dan Japan (+81), dan sebagainya. Jika akan mencari kontak luar negeri, maka sebaiknya menggunakan kode nomor negaranya , Indonesia (+62)

Bagaimana Cara Memblokir Kontak di WhatsApp ?
Beberapa orang tentu mempunyai alasan ketika ingin memblokir kontak seseorang. jika ingin memblokir kontak seseorang pada whatsapp maka dapat dilakukan dengan cara, menekan tombol pilihan tiga titik > More > Block pada kontak yang ingin diblokir.

Anda dapat menambahkan beberapa kontak yang termasuk dalam blacklist tersebut. setelah itu, maka anda tidak lagi menerima pesan dari kontak tersebut. jika anda ingin membuka kontak yang telah diblokir tadi, dapat dilakukan dengan cara, kembali ke tempat blacklist kontak yang diblok tadi, dan pilih Open Block . 

Apa Maksud ‘Terakhir Terlihat’ dalam WhatsApp ?
Terakhir Terlihat pada whatsapp adalah untuk memberitahu anda saat terakhir menggunakan whatsapp. Hal ini tidak berarti anda membaca semua pesan di Whatsapp. Hal ini hanya dimaksudkan untuk memberitahukan bahwa aplikasi whatsapp terakhir terbuka pada waktunya.

Saat anda menggunakan Whatsapp dan ada salah satu kontak membuka WhatsApp. Anda akan dapat melihat perubahan status pada kontak mereka yaitu Online. Hal ini menandakan bahwa mereka sedang menggunakan whatsapp di waktu yang sama dengan anda. Namun hal ini bukan berarti mereka sedang melihat pesan yang anda kirim, hanya aplikasi whatsapp nya yang terbuka.

Bagaimana Cara Menyembunyikan ‘Terakhir Dilihat’ Pada WhatsApp?
Beberapa orang ada yang ingin menyembunyikan fitur Terakhir Dilihat pada WhatsApp. Cara untuk mengatasi hal ini cukup mudah. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara pilih Settings > Account > Privacy > Terakhir Dilihat > Nobody (tidak satupun) pada tampilan tersebut. ini menunjukkan bahwa tidak akan ada yang dapat melihat terakhir kali aplikasi whatsapp anda akan terbuka kecuali anda sendiri.

Bagaimana Cara Membayar Aplikasi WhatsApp ?
Whatsapp kini sudah GRATIS, sehingga whatsapp sudah nyaman digunakan tanpa mengeluarkan biaya lagi. Unduh update terbarunya di Play Store atau App Store.  

Apa Arti Tanda Centang Biru Pada WhatsApp ?
Banyak orang yang masih bingung mengenai dua centang atau tanda biru pada pesan di WhatApp, terutama bagi pemula pasti bingung dalam hal ini. tanda centang biru menandakan bahwa pesan telah diterima dan penerima pesan telah membacanya. Jika dalam percakapan grup, maka semua anggota kelompok sudah melihat pesan tersebut.

Berikut ada beberapa tanda WhatsApp yang perlu diperhatikan agar anda tidak bingung saat menggunakannya, yaitu : 
  • Simbol jam Whatsapp menunjukkan pesan anda belum terkirim
  • Titik abu-abu Whatsapp menunjukkan pesan telah dikirim dan diterima oleh server WhatsApp.
  • Centang satu abu-abu Whatsapp menunjukkan pesan telah terkirim ke perangkat penerima pesan yang dituju.
  • Dua centang abu-abu Whatsapp menunjukkan pesan telah terkirim dan dimasuk ke dalam perangkat penerima yang dimaksudkan, (dalam grup berarti sebagian orang telah membaca pesan)
  • Dua centang biru Whatsapp menunjukkan pesan telah diterima dan sudah dibaca (dalam percakapan grup, berarti semua anggota grup telah membacanya)
Bagaimana cara menghentikan orang dari mengetahui bahwa saya telah membaca pesan dari mereka ?
Pada aplikasi WhatsApp versi 2.11.444 atau versi terbarunya, anda dapat menonaktifkan tanda centang biru (tanda terima) sehingga para pengguna whatsapp yang lain tidak mengetahui apakah anda telah membaca pesannya. Tentu hal ini dapat bekerja pada percakapan dua arah, caranya yaitu dengan memilih Settings > Account > Privacy > Baca Penerimaan.

Bagaimana Cara Menghentikan Auto Download File pada WhatsApp ?
Beberapa orang akan bermasalah dengan auto download file pada whatsapp ini. jika anda menggunakan wifi maka hal ini bukan masalah, namun bagaimana jika anda menggunakan paket internet? Tentunya hal ini akan sangat mengganggu apalagi saat posisi paket data internet sedang menipis. 

Jika anda mendownload secara otomatis file whatsapp maka tanpa sadar kuota internet anda akan semakin menipis. Hal ini dapat diatasi dengan sebuah solusi. Berikut ini cara mengatasi auto download file pada whatsapp, yaitu pilih Settings > Chat and Calls > Media auto-download pada tampilan disana anda dapat mengatur sesuai keperluan.

Bagaimana Cara Membuat Teks Tebal (Bold) Pada WhatsApp ?
Pada WhatApp versi terbaru terdapat fitur baru yaitu dapat menulis teks tebal (bold).Cara membuat teks tebal (bold) pada whatsapp yaitu dengan cara memberi tanda * pada awal kalimat dan akhir kalimat tanpa spasi, misalnya *WhatsApp* = WhatsApp

Bagaimana Cara Membuat Teks Miring (Italic) Pada WhatsApp ?
Pada WhatApp versi terbaru terdapat fitur baru yaitu dapat menulis teks miring (italic). Cara membuat teks miring (italic) pada whatsapp yaitu dengan cara memberi tanda _ pada awal kalimat dan akhir kalimat tanpa spasi, misalnya  _WhatsApp_ = WhatsApp

Bagaimana Cara Membuat Teks Garis Tengah (Strikethrough) Pada WhatsApp ?
Pada WhatApp versi terbaru terdapat fitur baru yaitu dapat menulis teks garis tengah (strikethrough).Cara membuat teks dengan garis tengah (striketrough) pada whatsapp yaitu dengan cara memberi tanda pada awal kalimat dan akhir kalimat tanpa spasi, misalnya  

=  WhatsApp

Cara Mengatasi Berbagai Masalah Whatsapp Dengan Mudah
Demikian adalah cara mengatasi berbagai masalah pada whatsapp, jika anda masih bingung atau mengalami kendala pada whatsapp. Silahkan bertanya pada kolom komentar di bawah. Saya akan membantu anda memecahkannya sesuai kemampuan. Semoga bermanfaat.


----------------------------------------------------------------------------------------------
Tag ; WhatsApp, Masalah WhatsApp, Fitur WhatsApp, Fitur Terbaru WhatsApp, Cara WhatsApp, Tips WhatsApp, WhatsApp Terbaru, Mengatasi Masalah WhatsApp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar