Senin, 17 Oktober 2016

Cara Membuat Kue Mangkok (Roti Kukus) Dengan Mudah

Bagaimana cara membuat kue mangkok ? sebelum hal tersebut diketahui, sebaiknya Anda perlu mengetahui tentang kue mangkok terlebih dahulu. Kue mangkok adalah sebuah makanan yang terbuat dari tepung terigu, tepung beras dan tape singkong yang dimasak dengan cara dikukus. Memiliki bentuk seperti mangkok dan mekar pada bagian ujungnya. di Indonesia kue ini sering disebut dengan roti kukus karena prosesnya dengan cara dikukus. sungguh unik bukan?

Kue mangkok merupakan salah satu jenis kue basah yang cukup populer di Indonesia. Kue tersebut biasa dijual di pasar tradisional. Kue mangkong berasal dari Tiongkok. Meskipun demikian kue mangkok telah menjadi kue yang disukai oleh kalangan masyarakat Indonesia sehingga memperkaya khasnya kue nusantara. Bahkan salah satu bahan dalam membuat kue mangkok telah dimodifikasi dengan menggunakan bahan khas dari Indonesia, yaitu tape singkong, sebagai pengganti dari ragi instant sehingga kulit kue menjadi lebih mengkilap dan teksturnya menjadi lebih lembut.

Hadirnya kue mangkok seringkali terdapat pada pesta pertemuan warga atau ulang tahun. Kue mangkok menarik secara visual karena memiliki warna yang berwarna-warni dan cerah. Berikut ini adalah resep cara membuat kue mangkok dengan mudah.

Resep Cara Membuat Kue Mangkok

Cara Membuat Kue Mangkok Dengan Mudah
Caramudahterbaru.com - Kue Mangkok
Bahan :
  • Tepung terigu 1 ons
  • Tepung beras ½ kg
  • Tape halus 2 sendok makan
  • Gula pasir 300 gram
  • Telur ayam 3 butir
  • Santan kelapa 1 buah
  • Zat warna merah secukupnya
  • Garam secukupnya
Cara Membuat Kue Mangkok :
  1. Semua bahan dijadikan adonan, sambil diremas – remas dengan tape. Adonan ini didiamkan selama kurang lebih 4 jam lamanya
  2. Kemudian tuangkan pada cetakan kue mangkok
  3. Dikukus sampai masak
  4. Kue mangkok siap disajikan
Demikian adalah Resep Cara Membuat Kue Mangkok Dengan Mudah, semoga bermanfaat.

baca juga ya : cara membuat kue tart sederhana

Tags : kue mangkok, resep kue mangkok, cara membuat kue mangkok, cara mudah membuat kue mangkok sendiri di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar