Rabu, 04 Mei 2016

Cara Menanam Bayam dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Cara menanam bayam dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh - bayam adalah tumbuhan sayur-sayuran yang sering ditanam untuk dikonsumsi bagian daunnya. Tanaman Bayam ini berasal dari Amerika Tropik tapi sekarang telah tersebar ke seluruh dunia. Sayur Bayam biasanya dikenal dengan sayuran hijau karena dilihat dari keseluruhan tanamannya sebagian besar berwarna hijau. Selain itu juga dikenal dengan sayuran yang kaya akan zat besi yang penting untuk tubuh.

Cara Menanam Bayam dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh
(Source : http://www.areabumil.com/2015/12/manfaat-sayur-bayam-untuk-ibu-hamil-dan-janin.html)
Bayam memiliki nama ilmiah yaitu Amaranthus spp. Kata “amaranth” ini berasal dari bahasa Yunani berarti everlasting (abadi). Tanaman banyak dulunya dikenal sebagai tanaman hias karena bayam dapat tumbuh sepanjang tahun baik di dataran rendah dan dataran tinggi. Pertumbuhannya baik pada tanah yang subur dan banyak menerima sinar matahari dengan suhu sekitar 25-36 C dan Ph tanah antara 6-7 sehingga waktu menanam terbaik adalah musim kemarau.

Ciri Tanaman Bayam
Ciri – ciri bayam yaitu memiliki batang berair dan sedikit kayu. Akarnya mempunyai sistem akar tunggal. Daunnya bertangkai, bentuknya bulat telur, daunnya lemas dan berwarna hijau, merah atau hijau keputihan. Bunganya tersusun secara majemuk bertipe tukal yang rapat, bagian atasnya berkumpul menjadi bunga diujung tangkai sayur bayam ini. bijinya berukuran kecil, hitam dank eras. Tanaman Bayam hidup di daerah yang tropis karena cirinya yang menyukai iklim hangat dan cahaya yang kuat. Bayam merupakan tumbuhan C4 sehingga relative lebih tahan terhadap cahaya langsung.
bayam sebagai sayur hanya dikenal di Asia Timur dan Asia Tenggara. Bayam masuk ke Indonesia diperkirakan pada abad XIX saat lalu lintas perdagangan orang dari mancanegara masuk ke wilayah nusantara (Indonesia). Di Indonesia bayam dikenal dengan spinach oleh bahasa asing karena hal itu sering tertulis pada kaleng bayam Popeye . popeye memakan bayam untuk menjadi kuat.

Klasifikasi Ilmiah Bayam
Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Caryophyllales
Famili : Amaranthaceae
Upafamili : Amaranthoideae
Genus : Amaranthus

Jenis Bayam
Bayam terdiri dari 2 macam jenis yaitu Bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik ini memiliki ciri berdaun lebar dan tumbuh tegak dan besar (sampai dua meter) dan daun mudanya bisa dimakan sebagai lalapan seperti pada gado-gado, pecel, urap serta bisa digoreng setelah dicampur dengan tepung. Sedangkan daun bayam cabut memiliki ukuran yang lebih kecil dan biasanya ditanam dalam waktu singkat (paling lama 25 hari)

Kandungan zat gizi Bayam
Bayam memiliki kandungan zat gizi yang lengkap dan sangat penting bagi kesehatan tubuh. Adapun komposisi kandungan zat gizi yang terkandung dalam 100 gram bayam adalah sebagai berikut :
Energi (kalori) 36.0
Protein (gr) 3.5
Lemak (gr) 8.5
Karbohidrat (mg) 6.5
Kalsium (mg) -
Fosfor (mg) -
Besi (mg) 3.9
Vit A (mg) 6.1
Vit B1 (mg) 0.1
Vit C (mg) 10.0
Air –
Sumber = Pusat Litbang Gizi, Depkes
Daftar Komposisi Zat Gizi Pangan, 1995

Cara Mengolah Bayam
Bayam bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Bayam dapat dijadikan sayur bening, dibuat nasi pecel, gado – gado atau direbus sebagai lalapan. Untuk usaha kecil biasanya daun bayam yang muda dan lebar digunakan sebagai olahan bahan rempeyek. Bayam hanya cukup direbus selama kurang lebih 5 menit. Memasak bayam yang terlau lama dapat menyebabkan daunnya menjadi hancur, kandungan vitamin C nya menguap dan rasanya tidak enak.

Cara Menanam Bayam
Adapun panduan cara menanam bayam yang baik, yaitu :
1. Menentukan lokasi untuk penanaman bayam. Syarat lokasi cara untuk menanam bayam    yaitu
  • Pilihlah lahan yang sesuai tidak terdapat angina yang terlalu kencang yang bisa merobohkan tanaman bayam.
  • Di dataran tinggi bayam akan tumbuh dengan lebih baik
  • Membutuhkan curah hujan sekitar 1500 mm/th
  • Membutuhkan sinar matahari dan bebas dari tanaman yang lebih tinggi yang kemungkinan dapat menghambat masuknya sinar matahari.
  • Suhu udara berkisar 16 sampai 20 C
  • Kelembaban udara untuk menanam bayam yaitu 40% - 60%
  • Tanahnya gembur serta kaya akan unsur hara
  • PH tanah sekitar 6 – 7
  • Terdapat ketersediaan airtanah yang cukup
2. Memilih benih Bayam
Cara menanam bayam yang kedua yaitu memilih bibit unggulan bayam supaya panen bayam sesuai dengan target yang ingin dicapai. Berikut ciri bibit unggul yaitu :
  • Benih ayam terlihat sehat
  • Terbebas dari hama ataupun penyakit
  • Kemampuan berkecambahnya lebih dari 80%
Selalu perhatikan bibit yang akan digunakan agar hasilnya optimal. Untuk mencari bibit tersebut, cara termudah yaitu dengan membeli bibit bayam di kios pertanian.

3. Menyemaikan benih ayam
Cara menanam bayam ketiga yaitu menyemaikan benih bayam. Caranya yaitu
  • Menyiapkan lahan persemaian bayam, lahan harus bebas hama maupun gulma
  • Buatkan atap dari plastic atau dengan jerami
  • Sebarkan bibit bayam di lahan kemudian tutuplah dengan tanah tipis kurang lebih sekitar 2 cm
  • Menyirami bibit secara teratur sehari pagi dan sore dua kali
  • Setelah 1 – 2 minggu, pindahkan bibit tersebut kedalam pot yang diisi tanah dengan pupuk organic dengan dosis 1:1
  • Menyirami bibit dalam pot dengan teratur sampai usia tanam 7 hari dipindahkan dalam pot

4. Menanam bayam
Cara menanam bayam keempat adalah pindahkan bibit bayam tersebut ke lahan yang telah disiapkan. Pindahkan bibit bayam dari pot ke lubang tanam di lahan. Tutuplah dengan tanah sampai pangkal pada batang tanaman. Sebaiknya masa tanam awal yaitu pada musim hujan agar tanaman baru bisa mendapat suplai air yang cukup.

5. Memelihara bayam
Cara menanam bayam yang baik tidak bisa dilepaskan dari cara pemeliharaan tanaman. Cara memelihara tanaman bayam ini meliputi penyiangan, penyulaman, pemupukan susulan sampau pengairan ataupun penyiraman. Lakukan hal ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal.

6. Cara Memanen Bayam
Cara menanam bayam yang paling terakhir adalah tahap panen. Tanaman bayam siap dipanen pada usia tanam sekitar 30 hari dengan ciri bayam mencapai ketinggian sekitar 20 cm dan belum keluar bunganya.  Sebaiknya lakukan panen pada pagi atau sore hari untuk menghindari cuaca yang panas.

Manfaat bayam bagi kesehatan tubuh
Bayam merupakan salah satu sayuran yang bervitamin yang telah banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. bayam mudah didapatkan atau bisa dibeli dengan harga yang murah. Bayam memiliki berbagai khasiat dan manfaat yang banyak.
Menurut Marzuki Iskandar, STP, MTP, Dosen Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Depkes RI Jakarta II, kandungan mineral dalam bayam cukup tinggi, terutama kandungan Fe yang bisa digunakan untuk mencegah kelelahan akibat anemia. Karena kandungan Fe dalam bayam cukup tinggi, ditambah kandungan Vitamin B terutama asam folat, zaman dahulu bayam dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan melahirkan.  Selain itu masih banyak berbagai manfaat bayam yang perlu kamu ketahui. 
Adapun manfaat bayam untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut :

1. sebagai nutrisi yang sempurna untuk jantung
Berbagai cara hidup yang tidak sehat bisa menimbulkan berbagai penyakit, khususnya penyakit jantung yang berpotensi besar akan terkena serangan jantung. Oleh karena itu, konsumsilah sayuran bayam yang memiliki banyak kandungan vitamin A, C, folat dan magnesium sebagai langkah dalamm mencegah hal ini.

2. meningkatkan penglihatan yang lebih baik.
Dalam bayan terdapat banyak kandungan. Salah satunya yaitu Vitamin A. bayam adalah sumber dari vitamin A dan lutein yang bisa menutrisi organ mata atau penglihatan dan mencegah penurunan kemampuan penglihatan sekaligus mencegah terjadinya katarak mata,

3. mencegah kanker secara efektif
Kanker merupakan salah satu penyakit menakutkan serta mematikan di seluruh dunia. dengan mengkonsumsi bayan dapat mencegah penyakit kanker ada di tubuh. Bayam terdapat kandungan flavonoid yang dapat mencegah kanker seperti kanker payudara dan kanker prostat.

4. mempersehat organ pencernaan
Kandungan serat tinggi dalam bayam efektif menyehatkan pencernaan dan dapat mencegah gangguan dalam berbagai masalah pencernaan lainnya yang kemungkinan akan terjadi.

5. membuat tubuh tidak mudah lelah.
Bayam adalah salah satu sayuran yang kaya kandungan zat besi. Kandungan zat besi dalam bayam dapat mmebuat tubuh memiliki energy lebih untuk aktifitas sehari-hari.

6. dapat meningkatkan memori otak
Kemampuan mengingat sesuatu pada otak pasti berkurang seiring bertambahnya usia seseorang, kandungan nutris yang ada dalam bayam mampu meningkatkan kemampyan memori dalam mengingat otak menjadi lebih baik

7. dapat menutrisi tulang dan sendi
Kandungan kalsium dan magnesium dalam bayam akan menguatkan tulang pada tubuh sehingga tulang tidak akan keropos atau mengalami osteoporosis jika dicegah terlebih dahulu dengan rutin untuk mengkonsumsi sayuran bayam tersebut.

Demikian cara penanaman bayam dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Ternyata banyak manfaat dari tanaman bayam ini. semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar