Senin, 26 Desember 2016

8 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Ala Caramudahterbaru.com

Bagaimana cara memperkuat sinyal wifi untuk laptop atau android? Pertanyaan ini tentu sering terbersit dalam pikiran Anda saat berada di area yang terdapat sinyal wifi. Banyak sekali tempat yang menyediakan wifi secara gratis namun terkadang sinyal wifi terlalu lemah. Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti penggunaan sinyal wifi yang terlalu besar untuk satu orang, ataupun ada yang menggunakan program khusus untuk menguasai sinyal wifi tersebut, sehingga dapat menyebabkan ketidakstabilan pada sinyal wifi tersebut.

Saat ini hampir pada setiap harinya, seseorang tak bisa lepas dengan internet, baik itu digunakan untuk media sosial atau browsing berbagai kebutuhan. Pengguna internet ini tidak hanya dari kalangan orang dewasa saja, namun anak kecil juga menggunakannya. Warung kopi, cafe, ataupun alun-alun ada juga yang terdapat sinyal wifinya. Dengan adanya sinyal wifi, tentu anda dapat dengan mudah untuk menggunakan internet. Oleh karena itu, tentu anda ingin tau bagaimana cara memperkuat sinyal wifi ini. berikut adalah ulasannya.

Cara memperkuat sinyal wifi
Image Source : culvercitytimes.com

Bagaimana Cara Memperkuat Sinyal Wifi ?

Untuk memperkuat sinyal wifi, Anda perlu beberapa cara atau tahapan dalam hal ini. diantaranya yaitu:

  • Mencari Posisi Yang Tepat
    Langkah pertama dalam memperkuat sinyal wifi adalah mencari posisi yang tepat. Sinyal wifi memang tidak dapat terlihat, namun sinyal wifi tersebut dapat juga terhalang oleh dinding pada tempat router wifi tersebut. Jadi, jika anda ingin mendapatkan sinyal wifi yang kuat, maka pilijlah posisi yang tepat. Anda dapat mencari posisi yang bebas dari penghalang agar dapat mengakses wifi dengan lancar.

  • Menggunakan Teknologi Wifi Yang Terbaru
    Teknologi wireless saat ini ada 4 yakni A, B, G, dan N. Dalam ke empat teknologi ini memiliki beberapa perbedaan tersendiri, namun jika dikategorikan teknologi A, B, dan G merupakan teknologi lama dan kelemahannya yaitu lambat. Sedangkan untuk teknologi N merupakan teknologi terbaru dari wireless tersebut. Jadi, setiap ingin mengakses wifi dengan kecepatan tinggi, anda dapat mengakses internet dengan nyaman.

  • Menggunakan Channel Wifi Yang Kosong                                                                           Jika di sekitar Anda terdapat sebuah router wifi, serta digunakan banyak orang, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan wifi tersebut. Hal ini karena nantinya sinyal wifi dapat terbagi ke beberapa pengguna lainnya sehingga akses wifi menjadi lambat. Anda dapat mencari channel atau router wifi yang tidak digunakan banyak orang agar Anda dapat berselancara di internet dengan lancar. Unyuk mencari channel wifi yang kosong atau sedikit penggunanya, Anda dapat menggunakan sebuah aplikasi bernama inSSIDer untuk mencari lokasinya. 

  • Mengontrol Bandwith
    Jika Anda tidak sendiri atau bersama orang lain dalam menggunakan wifi, tentu sinyal wifi akan menjadi lambat ketika mengakses internet. Anda dapat menggunakan pengaturan bandwith agar tidak terjadi kebocoran bandwith oleh orang lain yang dapat mengakibatkan koneksi menjadi lambat. 

  • Menjauhkan Dari Perangkat Elektronik Lain
    Tidak hanya channel yang banyak penggunanya dapat menyebabkan lambatnya kualitas sinyal wifi, namun alat elektronik seperti microwave, handphone juga dapat menghambat kualitas sinyal wifi yang ada. Jadi, upayakan untuk menjauhkan barang elektronik lainnya agar Anda dapat mengakses internet dengan menggunakan wifi tanpa gangguan sinyal. 

  • Memperbaiki Sistem Keamanan
    Jika Anda menggunakan paket internet yang cepat, namun ketika mengakses internet masih terlambat, ada kemungkinan bahwa orang lain juga menggunakan koneksi wifi Anda tanpa sepengetahuan. Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat menggunakan password yang rumit dan enkripsi WPA2. Selain itu, sebaiknya Anda juga tidak perlu mengaktifkan teathering hotspot jika tidak digunakan. 

  • Menggunakan Wifi Repeater
    Menggunakan wifi repeater juga merupakan salah satu cara memperkuat sinyal wifi. Wifi repeater adalah sebuah alat untuk menerima sinyal Wifi yang nantinya dapat memancarkan sinyal tersebut menjadi lebih kuat. Alat tersebut sangat cocok untuk digunakan dalam penerimaan sinyal wifi yang buruk. 

  • Menggunakan Kaleng Bekas
    Sinyal wifi menggunakan udara sebagai alat penghantar, agar sinyal tidak menyebar kemana-mana, Anda dapat memanfaatkan kaleng bekas untuk menentukan tujuan sinyal wifi tersebut. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aluminium foil atau panci. Untuk menggunakannya Anda hanya perlu mendekatkan kaleng bekas atau aluminium foil pada gadget yang akan digunakan untuk menangkap sinyal wifi.

Demikian adalah cara memperkuat sinyal wifi ala caramudahterbaru.com. Cukup mudah bukan caranya? Cara tersebut dapat digunakan ketika Anda berada pada area yang ada sinyal wifi. Dengan sinyal wifi yang kuat, maka dalam berselancar di internet menjadi lancar pula. Semoga bermanfaat.


Baca juga artikel lainnya terkait dengan cara mematikan fitur auto update android

Tidak ada komentar:

Posting Komentar